Jeddah, Kota (Super) Mal

Posted on February 13, 2012 by

1


Contributor  :  Vica Item

Dulu seorang kerabat bertanya pada saya, “Jeddah mallnya cuma Balad ya? Kok jelek banget sih?”

Inside Abraj Al Bait Mall - Image by Raimy Sofyan

Waduh!  Memang disana banyak barang murah dan barang tempat oleh2. Makanya para kerabat yg dibawa oleh tour haji en umroh dipastikan mampir ke Balad. Tapi terus terang, Balad mengingatkan saya sama Pasar Glodok yang sudah kuno di Kota. Jadi malah saya jarang banget ke Balad kecuali cari barang oleh2.

Yup, Jeddah bukan cuma sekedar Kota Mal saja, tetapi Kota (super) Mal tepatnya. Banyak sekali mal-mal modern yang tersebar di segala penjuru kota Jeddah yang menjual berbagai merek terkenal dunia, maupun merek local atau regional.  Mall selain terdiri dari toko2, juga food court dan restoran, supermarket serta tempat bermain anak yang cukup besar.

Ada mal apa saja? Bakal panjang loh list-nya ;). Habis baca ini, kalau sedang umroh atau haji, silahkan jangan lupa ajak2 muttawifnya untuk muter2in mal terdekat :p

(Note: ukuran saya untuk umur mall: baru berdiri = 1-3 tahun, lama/tua = diatas 5 tahun)

1. Aziz Mall: Terletak di di daerah Al Faisaliya. Dari Daraja (bicycle) Roundabout lurus saja ke arah Amir Majid dekat Plane roundabout (yg saat ini sdg diperbaiki).  Mall ini milik Arabian Centers, perusahaan property yang juga punya 2 mall besar lainnya. Disini ada Hyper panda dan toko2 bermertk international dan juga butik lokal. Ada foodcourt lengkap dan playcenter berukuran kecil. Mall berukuran sedang ini walau sudah umurnya cukup lama  ramai dikunjungi karena portfolio tokonya amat beragam.

2.  Hera International Mall: Terletak di Heraa district, tepat di pinggir Madinah Road, di perempatan besar ke arah Balad. Karena sudah cukup tua, mall ini cukup sepi pengunjung. Makanya ia menjadi tujuan utama saat sale, karena stock di toko2 seperti Zara, Mango, Mothercare, Gap dkk masih cukup lengkap dibanding tempat lain. Mall ini juga dilengkapi dengan supermarket Manuel.

3. Serafi Mega Mall: atau terkenal dengan Mega Mall saja. Disinilah tempatnya banyak hiburan untuk anak2, MoonToon dan untuk shabab alias anak muda dengan in10so-nya. Toko2nya sih lebih banyak yang local chain. Tapi ada hypermarket Danube, dan Al Sawani (distributor brand2 ngetop seperti Guess, Levi’s, Esprit, Derhy dll)

4. Andalus Mall: mall yg lumayan baru (kira2 4tahunan) tapi sudah banyak penggemarnya. Menurut ibu2 di pengajian Soleha sih, ini mall sejuta umat. Berbagai macam merek ada disana dan juga ada suatu tempat khusus untuk science anak2, Discovery. TErus terang belum pernah kesana. Kalau sudah, insya Allah akan dimunculkan di Cerita Jeddah. TErdapat pula Centerpoint, department store menengah yang harganya terjangkau, apalagi pas sale. Ssst, di Centerpoint banyak barang made in Indonesia yang bagus2 looh.

Jgn lupa diserbu tuh barang2 made in Indo-nya, biar Centerpoint yang cabangnya banyak di seluruh GCC itu tetap memproduksi barangnya di Indonesia. Kalau bisa tambah banyak, biar ngalahin yang made in China heheheh…

Red Sea Mall - Image by M. Azis / Google Earth-Panoramio

5. Red Sea Mall : terletak di distrik  Shatea, tepat disisi jalan King Abdul Azis dan tak jauh dari Corniche masjid Terapung, Red Sea Mall adalah salah satu dari 3 mall terbesar dan baru  di Jeddah. Isinya lumayan lengkap, dan ada Boat ride keliling mall dengan hanya membayar 3-5 sar per orang. Boatnya pake motor yaaa, bukan di atas air beneran :p. Mall ini termasuk sedikit mall yang memajang high end brand seperti Aigner, Givenchy, Burberry, Ferragamo. Bahkan ada dua department store papan atas disini yaitu Al Sawani dan Etre. Juga ada Paris Gallery yang menjual kosmetik dan akesoris branded, plus beberapa restoran non food court.

6. Sultan Mall: terletak di dekat bundaran Transportasi (ada boat n airplanenya), mall ini tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu banyak menyimpan toko. Kebanyakan orang datang kemari untuk mengunjungi Extra Electronic storenya yang cukup lengkap dan menawarkan harga yg bersaing apalagi kalau lagi promo (bukan berarti murah).

7.  Mall of Arabia: Sepertinya ini nih mall baru yang paling besar se Jeddah. Siap2 sepatu hak pendek atau sneakers kalau jalan2 kesini. Lokasinya di pinggir Madinah Road hampir menuju Airport. Jadi serasa nunggu di lobby airport aja kalau makan di salah satu restorannya, sambil liat pesawat naik turun landasan. Toko2 yang dipajang tentunya banyak sekali. Amusement parknya juga besar loh. Ada mini arung jeram disini. Bahkan disini sedang dibangun Kidzania. Horeee (kata anak2 niih). Restonya ada Tony Roma’s yang tentu saja tidak serve porky pig seperti di Jakarta.

8. Jeddah Mall & Al Khayat: terletak di Tahliya Street arah corniche dekat bundaran jam bunga. Tak mungkin terlewatkan karena di Al Khayat lah tempatnya  barang2 high-end brand buka lapak. Mulai dari Rubaiyat yang distributornya Gucci, Prada, Armani, Bottega Venetta dkk, juga ada official outletnya Tod’s, Louis Vuitton, Fendi, Chanel, Dior dll. Jd jangan salah kaprah ya ibu2, Rubaiyat tuh umbrella brandnya, Al Khayat itu mallnya. Jeddah Mallnya sendiri yang kecil namun cantik tepat berada di sebelah Al Khayat. Jadi abis capek jalan2 di AL Khayat, tinggal duduk2 sambil ngeliat oasis buatan di foodcourtnya Jeddah Mall yang cantik. Oya, ada juga salon en spa di kompleks sekitar Jeddah Mall n Al Khayat ini. Jadi siap2 rogoh kocek daleeeem banget  atau tutup en simpen dompet baek2 (itu saya kaliii), kalo mau jalan disini.

Merek apakah ini? - Image by Raimy Sofyan

9. Roshan Mall: terletak di ujung jalan King Abdul Azis di depan Globe roundabout dekat Royal terminal Airport. Tidak terlalu ramai, tapi ada hyperpanda supermarket dan beberapa toko2 serta foodcourt. Juga ada resto ternama buka cabang disini.

10. Haifa Mall: Mall terbaru (baru buka akhir Desember 2011) terletak di perempatan Falestine Street dan Madinah Road. Cukup besar dan lengkap tokonya karena termasuk properti Arabian Centers. Jadi toko2nya hampi sama isinya dengan Azis Mall dan Mall of Arabia

11. Stars Avenue: a very upscale mall kalau diliat dari toko2 dan restonya. No foodcourt, only restoran n cafes. Terletak di pinggir King Abdul Azis Street berbatasan dengan SAri Street. Disinilah tempat cabangnya department store mewah Saks Fifth Avenue yang terkenal dari kota New York itu.

Sebelas aja ya yang besar2. Ada banyak juga mall kecil seperti dibawah ini:

Souk Shateaa: terletak di antara distrik Khalidiyah dan Zahra di pinggir jalan besar King Abdul Azis, mall tua ini menyimpan banyak koleksi dan juga ada gold marketnya.

Heraa Avenue: dari arah Heraa International luruuus aja di bundaran Sultan street ada mall kecil yang keliatannya hampir tutup. Hanya ada beberapa toko saja

N2 Mall: terletak dekat Daraja roundabout di distrik Faisaliya. ada Panda supermarketnyaa

Tebak lagi hayooo. Salah satu shop yang buanyaak banget. Hampir disemua mall ada. - Image by Raimy Sofyan

Mall2 di sepanjang Tahliya Street dari mulai ujung corniche ke ujung Ring road dimulai dari Rubaiyat (lupa nama mallnya), Roshana Mall, Al Tahliya Shopping Center, Sawani (Basateen) Mall, Promenade I dan II, Al Najr, Le Mall. Nah ni bisa disebut highstreetnya Jeddah, karena katanya pengen niru Champs Elysee Avenue yang ngetop di Paris itu. Tapi sapa coba yang mau jalan dari ujung ke ujung panas2. Mana tidak tersedia pedestrian zone pula. Tapi kan, bensin muraaah. hehehe

Sekian dulu ulasan Mallnya. Masih ada lagi yang belum tertuang. Tapi cobain dulu deh mal2 ini. Kalau udah semua, baru tagih  kami untuk melakukan reportasi lagi :)