Resep siomay ala Bunda Dian Rahayu

Posted on July 13, 2011 by

1


Resep oleh : Bunda Dian Rahayu

 O..oo…siapa Dian? Dian Rahayu, bundanya Naia – Naqee, bermukim di Jeddah sejak Januari 2011. Belum lama memang, tapi Bunda satu ini super eksis, bisa ditemukan  dimana-mana… selain tangguh bertarung di dapur, Bunda ini juga bisa motong rambut lohhhh ^_^ …. Nih si Bunda baik hati ini bersedia berbagi resep somay buat para bunda yang lain😀. Kalo belom jadi bunda? ya gag papa juga sih hehehehe… yuk mari dipraktekkan, jangan cuma dibaca aja yaaaaaa…. *berbicaraPadaDiriSendiri :P*…

Somay

Bahan 1 (bahan dasar):
•200 gr ayam filet
•100 gr udang di cincang
•200 gr ikan tenggiri dihaluskan/ikan putih beku
•2 sdm ebi disangrai
•2 batang daun bawang iris halus

Bahan 2 :
•150 gr tepung tapioka
•Tepung terigu secukupnya ( kayaknya aku cuma pake sesendok makan deh..)
•150 gr labu siam /bengkoang serut halus (optional)
•150 ml air

Bumbu saos kacang :
•4 siung bawang putih
•4 siung bawang merah
•4 cabe merah kriting or besar
•4 sdm kacang giling
•1 sdt gula putih
•1 sdt garam
•Kecap manis secukupnya

pelengkap:
•telor ayam
•kol
•tahu
•pare
•jeruk purut (yang buat sambel)

Cara membuat :
1.Campur bahan 1 dan 2
2.Tambahkan air biasa disesuaikan, pokoknya tidak terlalu cair, juga tidak terlalu keras.
3.Setelah semua tercampur, harus langsung dibentuk,
4.Juga isi temen2nya siomay seperti tahu, kol rebus, kentang, pare, telor 5.Kukus sampai matang.

Saus Kacang :
goreng bawang putih,bawang merah, cabe kriting or besar,haluskan semua bahan. goreng lagi, kali ini tambahin kacang giling,gula garam,kecap.setelah mateng campur dengan air jeruk sambel🙂

Posted in: Resep masakan