Berburu Sekolah Anak

Posted on August 13, 2011 by

0


Contributor: Dini Fabria

Pilah-pilih sekolah?!?! Wajar ajalah yaa, namanya juga orangtua…pasti ingin memberikan yang terbaik buat anaknya. Tapi tentu aja yang pas di kantong, pas di hati….
Membingungkan sekaliii…apalagi di negri antah-berantah dimana kaki baru kali ini menginjakkannya selain negeri tanah air….
Usut punya usut..(kasus kali ah)…hearing sana-sini dari beberapa teman terkenal, yang aye kenal maksutnyahhh, plus searching udara (internet) dan darat, Jeddah memiliki berjuta pilihan pendidikan, mulai dari sekolah negri atau swasta. Sekolah negri dan swasta itu terbagi lagi, ada yang negri dengan kurikulum pelajaran umum dan negri dengan latar belakang hifz Qurán. Sedangkan swastanya ada yang internasional, kurikulum tersendiri, atau yang kombinasi. Naahh….yang internasional terbagi lagi, american or british curriculum….

Trus pengelolanya macem-macem, ada yang memang ngelink ke negara pusat kurikulum tsb, ada yang kurikulum tersendiri, ada sekolah Indonesia, Kanada, Jerman dan Korea (yang saya tau), atau Montessori. Sedangkan yang kombinasi, there is one school near Sultan Mall, yang mengkombinasikan pendidikan ala good morning how are you dengan hafalan Qurán, trus ada juga yang mengkombinasikannya dengan membaca Al-Qurán (hafalannya ga begitu dipantengin).

Oh ya, sampe kelupaan about skul negrinya (hadoohh)…Kalau skul negri milik pemerintah dengan kurikulum umum lebih dinisbahkan kepada warga negaranya sajah, tapi tidak menutup kemungkinan kok kalau mau skul di situ, asal sedikit ekstra mengurus surat-surat yang mereka syaratkan.. Tidak demikian dengan skul tahfidz-nya, anyone can enroll in it…*bener ngga bahasanya hihiii….. Jadi kembali ke proses pengusutan tadi, halaahh…sepertinya menjadi ortu ato being a mom kudu merangkum capaian-capaian yang kita inginkan buat anak, bisa juga membuat SWOT masing-masing sekolah incaran (bukan SEWOT loh yaaa :p.)

Bicara mengenai capaian..eh ngerti kan ya, maksudnya boleh dibilang target deh, pribadi saya berbisik….pingin anak casciscus English, (mmmm…udah tinggal di Saudi…) pingin bisa Arabic juga,,,,,dapet hadist tentang keutamaan ortu yang anaknya hafal Qurán, pingin anak mulai hafal Qurán juga…..hohohoooo…so greedy yaaa. Tapi setelah ‘semedi’ beberapa malam, nurani berbicara….yang penting sekolah yang membuat anak enjoy dan nyaman di dalamnya, that’s more than enough. Karena saya orangnya penasaran…ngga puas hanya dengan denger sana-sini, mulailah saya ‘berkomplot’ dengan ibu-ibu yang juga sedang gundah-gulana mencari sekolah anak, untuk mengadakan sidak hehehhhh…..

Karena yang paling rame di Jeddah adalah sekolah internasional, maka beberapa skul tersebut kita satronin…. Alhamdulillah sebagian ada yang welcome sampe ‘menggiring’ kita ke kelas-kelas, sebagian lagi hanya memberi penjelasan sampai pintu admin. Walaupun cukup interest, daku pikir belum terlalu cocok buat cutie Ghaziyah yang saat itu masih berusia 2 tahun 9 bulan. Masih kecil banged kan…belum lagi memikirkan akan melepasnya selama 5 jam di sekolah..waduuhh rasanya belum plong.

Tidak seperti di Indonesia ya…anak seumur gitu paling-paling cuma 2 jam di sekolah. Kemudian survey dilanjutkan ke sekolah swasta Arab khusus perempuan. Sekolah ini berlokasi di Tahlia Street. Di sekolah ini selain kurikulum Arab, ditambah dengan hafalan Qurán dan math berbasis abacus. Kepsek dan guru-guru yang kita temui hangat dan ramah. Well…make sense jugaa…. Tapi setelah diskusi sama papi (ceilee lebayy…), beliau kurang setuju coz doi pingin ‘gadis’nya prefer English. Pertimbangannya kalau harus pindah ke negara lain yang berstandar English. Pencarian pun belum usai.

Cari tau apa sih Montessori….ternyata secara umum dapat dikatakan adalah sistem pembelajaran sambil bermain atau dengan alat peraga. Tak heran ketika saya ‘melacak’ Bright Talk Montessori School, banyaakk sekali tools yang tersedia. Kepsek yang berasal dari Mesir itu tak segan-segan menjelaskan kegunaan setiap alat yang berada di rak-rak yang memenuhi sekeliling ruang kelas. Ia pun mengenalkan dengan guru kelas yang saya masuki, seorang Vietnam berkebangsaan US. MashaAlloh….bahasa Inggrisnya medok….jadi kederrr, ya iyalah yaa…wong udah warga negara sono, iiiihh…… Ruang kelasnya luaas….1 guru handle maximum 10 anak, kegiatan per hari gak melulu di kelas, trip diadakan setiap minggu….cukup worth it dengan keinginan saya yang mencari sekolah yang fun alias tak terlalu formal.

Sampai di rumah kayaknya udah mantep dwehh sama Bright Talk Montessori. Apalagi jarak dari rumah yang cukup ditempuh dengan mobil kurleb 15 menit. Harga….ga bisa boóng hihiiii…mahal abisss…..terpaksaaa rogoh kocek dalam-dalam, ohhh…… Mau tau harganya??? Benerrr??? Sumpee…??? *tepuk jidat, cape deehh…

Baiklah karena ini blog tentang info-info seputar Jeddah, maka saya pun memberanikan diri menginfokan harga-harga sekolah yang berhasil saya kumpulkan hahaa….Begini ceritanya, salah…begini infonya ….(note: info di bawah dalam satuan SAR/tahun).
Montessori dulu yaa…..Ada 4 skul Montessori yang saya tau…. Ambassador, about 30ribuan, Bellz 20ribuan, Bright Talk n satu lagi lupa namanya 14ribuan. International School American n British yang beneran :p….32ribuan ke atas. International school Pakistan/India, Libanon, Filipina dan sekolah Indonesia 2ribu – 5ribuan, International school lainnya 10ribu ke atas. Sekolah negri umum Saudi gratisss, tahfidznya 700 ke atas (ada yang pagi, ada yang sore).. Sekolah Kanada, Jerman, Korea lupa heeee…..

Demikian kali yah info dari saya, walaupun gak terang-terang amat, tapi saya harap gak redup-redup amat. Jika ada salah-salah kata mohon dimaafkan. Jika tidak dimaafkan teteppp harus dimaafkan. Jika masih saja tidak dimaafkan….jangan dong ahhh, bentar lagi kan lebaraann…. Kullu aam wa antum bikhoirrr…….See yaaa……Zzzzz…….