KAUST Thuwal

Posted on August 17, 2011 by

0


Contributor : Euis Fauziah

KAUST

King Abdullah University Science and Technology (KAUST), di kota Thuwal, sekitar 90 km arah utara Jeddah. Sebuah negara dalam negara yang menerapkan aturan sendiri berbeda dengan kehidupan seperti kota lainnya di saudi. Mungkin bagi yang menetap di compound sama dengan peraturan yang ada di KAUST ini.

Inilah salah satu lokasi (di antara lokasi-lokasi lain) di Saudi Arabia yang menerapkan aturan tersendiri dalam komunitasnya. Secara umum mereka menerapkan western-life: wanita tidak perlu pakai abaya (bahkan boleh bercelana pendek dan tank top), wanita dan pria bisa bercampur dalam satu tempat, wanita boleh menyetir, dsb.

Saya menyaksikan beberapa perempuan sedang jogging dan naik sepeda dengan celana pendeknya. Bahkan saya menyaksikan sebuah keluarga sedang jalan-jalan sore lengkap dengan 2 ekor anjing Labrador-nya. Mungkin yang tetap strict tidak boleh adalah bangunan gereja (dan rumah ibadah lain) di tanah Saudi.Yang jelas, kalau kita masuk ke dalam lingkungan ini, sama sekali tidak merasa sedang berada di Saudi.

Anak-anak yang menikmati playground yang tersebar di dalam perumahan KAUST, juga lingkungan perumahan yang aman dan nyaman untuk anak-anak bermain ¬†sepeda, lari-larian, petak umpet, petak sawah..eh salah…pokoknya asik lah dengan pantai yang bersih di belakang perumahan tersebut….

Posted in: Random Info