Jeddah yang Artistik

Posted on August 28, 2011 by

1


Contributor : Jihan Davincka

Biarpun tergolong kota Metropolitan, penduduk kota Jeddah belum sepadat kota-kota Metropolitan dunia lainnya. Termasuk Jakarta..ehem…:D…

Kalo sering jalan-jalan menyusuri kota keliatan banget masih banyak lahan kosong dimana-mana. Bahkan jalan-jalan raya dibuat selebar mungkin masih saja menyisakan spot kosong di persimpangan, perempatan, sambungan jalan, di tepi pantai Corniche road, bahkan bisa dibuat taman tuh di tengah-tengah beberapa perempatan jalan besar.

Pemkotnya secara kreatif membuat beberapa monumen atau bangunan artistik di spot-spot kosong tersebut. Bentuknya ada yang ‘serius’ ada pula yang ‘ringan’. Yang paling terkenal tentu saja si “Sepeda Nabi Adam”.

Konon ini adalah karya dari Julio Lafluente dari Italia. Disebut sepeda nabi adam mungkin karena ukurannya yang jumbo dan kota Jeddah ini kan disebut-sebut sebagai tempat turunnya Hawa. Monumen satu ini yang paling dikenal oleh para jemaah umroh dan haji, salah satu tempat yang wajib didatengin sepertinya.

Di setiap distrik banyak sekali tersebar monumen-monumen cantik dengan berbagai bentuk. Saya sering sekali ke daerah faisaliyah dan suami juga suka mengumpulkan foto dari berbagai bangunan artistik di distrik ini.

Di sepanjang Corniche Road pun banyak sekali dijumpai bangunan-bangunan seperti ini. Mulai dari yang ukurannya kecil hingga yang besar. Dari yang bentuk sederhana sampai yang rumit.

Source : panoramio.com dan flickr.com

Saya sendiri sangat terkesan dengan si “giant lantern” yang ada di King Abdullah Rd. Kalau tampak di siang hari memang kurang berkesan, karena cuma tampak seperti lampu raksasa berjejer penuh debu… tapi bila dilihat di malam hari, bagus banget :)…

Source : travelpod.com dan pinktarha.com

Masih banyak lagi monumen yang ada di kota Jeddah ini. Belum menemukan literatur yang menunjukkan berapa banyak sebenarnya bangunan-bangunan seperti ini di kota Jeddah. Tapi sepertinya ada ratusan lah, termasuk yang kecil-kecil yang bertebaran di sepanjang corniche road.

source : panoramio.com , susieofarabia.wordpress.com, eurekabooking.com

Posted in: Random Info