Mengunjungi Kebun Phoenix Dactylifera :)

Posted on August 31, 2011 by

0


Contributor : Mira Sonia

 Kurma(phoenix dactlylifera) memang sangat identik dengan negara-negara middle east. Begitu juga di KSA ini,hampir di tiap pasar, minimarket, bahkan mal-mal besar pun menjual aneka kurma…

Ya, kurma memang sudah menjadi panganan/cemilan sehari-hari, bukan hanya makanan di bulan ramadhan saja🙂.
Selama ini saya melihat kurma dalam penampakannya yang sudah kering. Jadi penasaran juga pengen liat kurma waktu masih seger atau malah waktu masih nempel di pohonnya. Masa iya sih tinggal di jeddah tapi belum tau pohon kurma?? maluuuu ama onta di padang pasir tuuhhhh hahaha…

 Sampai suatu ketika, saya berkesempatan mengunjungi perkebunan kurma di Madinah.  Waaaahhhhh ternyata luas bangeet.  Jarak antara pohon kurma satu dengan yang lainnya tidak begitu jauh, hanya sekitar 3-5meter saja. Sepintas mirip dengan perkebunan kelapa sawit di indonesia🙂.  Mungkin karena sama2 sejenis palem kali yaaa😀.

Ehhh di deket pintu masuk perkebunan ternyata ada tokonya looohhh.. Mereka menjual aneka jenis kurma, coklat, kacang, juga kue2 kecil lainnya. Pengen beli tapi ga bisa bahasa arab??? eiiittss ga masalah!!! Kebun kurma yang saya kunjungi ini hampir 99% pekerjanya orang kita (yang satu persennya ownernya dan nampaknya bukan orang kita hehehe).. Dari yang metik buah kurma, yang melayani pembeli, yang mengemas, sampe kasirnyapun orang indonesia!! serasa belanja kurma di tanah abang aja hehehe….

Kurma Ajwa (source : oleholehhaji.com)

Ternyata eh ternyata bentuk dan jenis kurma juga beraneka macem loohh, katanya sih ada 400 jenis buah kurma di bumi ini. Bentuknya dari yang kecil sampe yang sejempol orang dewasa juga ada kok:). Tapi yang menjadi favorit pembeli adalah si kurma ajwa (sering disebut kurma nabi). Menurut hadist shahih riwayat al bukhori, : “barang siapa yang makan pagi dengan tujuh butir buah ajwa,maka tak akan mencelakainya racun dan sihir di hari itu.” Mungkin ini ya salah satu alasannya kenapa ajwa banyak dicari.

Konon Rasulullah sendiri yang menanam kurma ajwa di madinah sekitar 14 abad lampau. Dan katanya sih sekarang jumlah pohon kurma ajwa di Madinah tinggal ratusan pohon saja…hmmmm tak heran harganya lumayan tinggi.

O iya ada juga kurma diabet loh, maksudnya kurma dengan kadar gula rendah yang aman untuk penderita diabetes. Ada juga kurma yang memiliki khasiat untuk pasangan yang ingin segera memiliki momongan,wallahualam🙂. Yang lebih spesial lagi  kurma khusus untuk busui seperti saya ini, konon juga kalo makan kurma ini asinya bisa lebih melimpah ruah hehehe… Sebenernya sih kalo diliat dari segi medis,menurut ahlinya unsur zat besi dan kalsium yang terkandung di kurma sangat berguna dalam membentuk dan menambah kandungan air susu ibu. Naaaahhhhh,tunggu apa lagi?? Ayooo budayakan mengkonsumsi kurma tiap hari ya moms😀.

Banyaknya ragam kurma (source : travelpod.co.uk)

Mesti ekstra hati-hati kalo membeli kurma di perkebunan ini, kadang ada pelayan toko yang belum tau banget jenis-jenis kurma. Waktu itu pernah kejadian seorang teman yang membeli kurma diabet malah dikasih kurma jenis lainnnya😦. Wadooohh gawat juga ya!! Untungnya waktu itu kita dikasih tau sama pelayan yang (terlihat) lebih senior :)… Kalo ga punya ilmu tentang dunia per-kurma-an bisa jadi kita diboongin atau jadi korban pelayan baru yang masih belum tau jenis-jenis kurma😦.

Emang susah sih menghafal jenis-jenis kurma yang segitu banyaknya, sampe sekarang aja saya cuma hafal satu jenis kurma, ajwa saja😛. Bentuknya yang khas agak bulat dan warnanya agak kehitaman. Untuk jenis-jenis kurma yang lain?? au aahh,,,gelapp!!! hehehe….jadi saya kalo beli kurma modal bismillah saja lahhh…😀.

 Yang disayangkan, harga kurma disini kok lebih mahal dibanding dengan yang di pasar kurma ya?? aneeehhh… Bukannya harusnya yang di pasar kurma tuh ngambilnya dari perkebunan ini?? pistachionya juga lebih mahal dibanding yang dijual di balad, Jeddah. Hmmmmmm…kesimpulannya, jangan beli kurma disini!!!!hahahaha…

Posted in: Info Jalan-jalan