Mr. Sate

Posted on August 31, 2011 by

3


Contributor : Jihan Davincka

Mr Sate? Bukan cuma orang-orang Indonesia yang bermukim di Jeddah yang kenal betul restoran yang satu ini. Tapi hampir semua jamaah haji/umroh juga pasti pernah menikmati sajian dari Mr Sate. Lokasinya pun sangat strategis karena terletak di distrik Sharafiyah. Dimana distrik ini (dan distrik Baghdadeeyah) merupakan base-camp nya orang-orang Indonesia yang tinggal di Jeddah. Baghdadeeyah pun sebelahan lokasinya dengan Sharafiyah.

 Dari namanya saya berpikir pasti sajian andalannya adalah : SATE. Tapi ternyata menu andalan dari resto ini adalah ayam bakar + sambelnya yang (menurut saya) juara! Tempatnya terkenal karena selain menerima pengunjung untuk makan di tempat, Mr Sate juga jadi langganan katering untuk jemaah haji/umroh dari Indonesia, bahkan konon warga Malaysia juga doyan loh. Kita bisa pula memesan untuk dibawa pulang (take-away). Biasanya saya dan teman-teman memesan paket makan siang dari sini sebagai bekal untuk dibawa saat piknik dan jalan-jalan. Satu paketnya bisa terdiri dari ayam bakar + sambel + nasi + lalapan + aqua gelas + kerupuk + pisang. Bener-bener menu khas orang Indonesia ya :P… ah ya, bisa pula dipesan untuk acara-acara dalam rumah (syukuran, pengajian, atau pun buka puasa bersama).

Biarpun tiap kali kesini kami sekeluarga selalu mesennya menu ayam bakar, ada pula menu-menu lain yang tersedia. Misalnya : rawon, sate ayam / kambing, ikan mujair goreng / bakar, sop buntut, dll.

Source : kelayaban.wordpress.com

Rumah makannya sendiri terdiri dari 2 lantai. Lantai bawah dikhususkan untuk para bujang / laki-laki, dan lantai atas untuk family. Yang khas dari tiap resto yang ada di Saudi selalu disediakan 2 tempat terpisah : untuk single (bujang / laki-laki yang dateng sendiri atau bergerombolan dengan teman bujang lainnya) dan family (yang datang bersama keluarga, minimal ada 1 wanita). Lantai 1 ada aquarium yang berukuran cukup besar yang cukup menarik buat para pengunjung cilik, termasuk anak saya😀.

Yang unik lagi, baik di lantai 1 maupun 2 disediakan sebuah televisi ukuran cukup besar yang selalu memutar siaran dari stasiun lokal di Indonesia (RCTI, SCTV, dll). Lumayan untuk mengobati rasa kangen🙂, biarpun seringnya sih dipake untuk rame-rame nonton siaran pertandingan sepak bola hehehehe…