Padang Badr, Salah Satu Situs Sejarah dari Jaman Rasulullah

Posted on September 3, 2011 by

0


Contributor : Mira Sonia

 Bosen sama suasana jeddah? Yuuukk mari sedikit menjauh dari keramaian kota jeddah sambil jalan-jalan keluar kota. Waktu itu kebetulan juga ada temen yang ngajakin ke badar,saya langsung mengiyakan,mengapa? karena kota ini adalah tempat yg sangat istimewa.istimewanya kenapa?? Meluncur ke paragraf di bawah ini :)

 Maka jadilah kita hari itu ke badar bersama keluarga Pak Erlangga dan keluarga Pak Edwin. Kota Badar terletak di provinsi Madinah, jaraknya sekitar 130-an km dari Nabawi. Begitu tiba di Badr, yang terlihat adalah sebuah kota kecil dengan kontur berbukit.

Mendengar kata badar yang teringat di pikiran saya adalah perang Badar. Dan memang benar, kota ini adalah tempat dimana perang Badar terjadi. Berikut saya ceritakan secuil kisah perang badar yang dicuplik dari beberapa sumber.

Ghazawat Badr adalah pertempuran besar pertama antara umat islam melawan musuhnya. Terjadi pada bulan ramadhan 2 Hijriah. Pasukan muslim berjumlah 313 orang sedangkan pasukan quraisy berjumlah 1000 orang. Setelah bertempur sekitar 2jam, pasukan muslim menghancurkan barisan quraisy. Kemenangan kaum muslim tidak terletak pada jumlah pasukan tetapi terkandung dalam kekuatan iman yang tertanam di sanubari mereka. Memang benar tidak ada sesiapa yang dapat menahan betapa besarnya pertolongan Allah terhadap umat yang beriman padaNya.seperti yang tercantum dalam surat al anfal ayat 9 : “sesungguhnya Aku akan mendatangkan kepadamu bala bantuan dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut“. Kemenangan kaum muslim itu disambut dengan kegembiraan luar biasa oleh penduduk kota Madinah.

 Dan alhamdulillah juga keluarga Pak Erlangga bersedia mengantar kami ke makam para syuhada mulia yang gugur pada waktu perang badar. O iya ada 14 kaum muslim yang gugur syahid dalam pertempuran ini. Makamnya dikelilingi tembok tinggi. Jika ada yang ingin melihat apa yang di balik tembok, ya harus manjat tembok itu, termasuk suami saya hehehe.. Di seberang makam,ada tugu yang bertuliskan nama-nama dari ke-14 syuhada.

Walaupun identik dengan perang Badar, tapi ada yang istimewa lagi di kota ini loohh, pasirnya aluuuussssss banget, kaya yang di film-film gitu dehhh.. sambil menyelam minum air kalo gini nih :) ..Napak tilas sejarah plus jalan-jalan dan main di lautan padang pasir yang indah.

Subhanallah, benar-benar indah..anak-anak pada seneng banget naik ke gunung pasir walopun di siang hari yang tentunya membuat pasirnya terasa panas juga di kaki. Bapak-bapak sibuk jepret sana, jepret sini. Ibu-ibu mana?? Biasa laahhh,gelar tiker sekaligus menjadi objek dari si kamera bapak-bapak hehehe,teteeeeuuupp …

Posted in: Info Jalan-jalan