Jabal Magnet di Madinah dan …. Rahasianya ^_^

Posted on September 5, 2011 by

0


Contributor : Ismiyati Afni

Dulu sering banget denger cerita tentang “keajaiban” gunung ini dari orang-orang yang habis pulang Umrohan atau Hajian, jadi penasaran banget. Pas kita ke Madinah kebetulan ada temen yang ngajakin buat “main” ke jabal magnet , tentu saja ga disia-siakan (ya waktu itu blum tau jalan hehehe) langsung capcusss…
Jabal Magnet terletak sekitar 30 km di utara Madinah, dimana diyakini (oleh beberapa orang termasuk para jamaah umroh dan haji) merupakan salah satu”keajaiban”. Alasannya karena pada saat mobil dalam posisi Netral di jalan yang menanjak mobil bisa jalan naik sendiri (hmm emang ajaib sih kelihatannya🙂 ). Wajar bila banyak orang-orang meyakini kalo itu karena pengaruh “Magnet”. Makanya banyak orang menyebutnya Jabal magnet atau bukit magnet.

Selain “keajaiban” itu, mata kita dimanjakan pemandangan yang cukup keren menurut aku. Makanya gatel kalo ga futu-futu disitu hehehe (narsisnya tetep :p). Jalan disana adalah jalan buntu, kalo kita lurus terus bakalan mentok sama bukit-bukit yang mengelilinginya. Dan biasanya disitu orang-orang pada istirahat dan menikmati pemandangan sekitar atau cuma sekedar berfoto-foto, ada juga yang jualan disana kaya jualan ice cream.

*JABAL MAGNET & TEORI ILMIAHnya

Pada waktu kita disana “keajaiban” itu tidak mempengaruhi suami untuk percaya begitu saja kalo yang menarik mobil kita itu adalah magnet. Walaupun udah berkali-kali diyakinkan ma temennya😀. Dia tetep keukeuh dengan keyakinan dia kalo itu bukan magnet (walaupun mobil kita ketarik).

Dia berfikir itu pasti krn gravitasi tapi (waktu itu) kita ngga tau gimana teorinya. Tapi tetep yakin itu bukan magnet. Karena kalo magnet kenapa semua barang yang terbuat dari besi-besi ga ketarik? kenapa kompas, jarum jam ngga error? yah itulah suamiku yang ga mau terima sesuatu yang aneh begitu saja😀. Pasti buat beliau harus didukung dengan teori ilmiah yang kuat baru mau percaya (tugas berat buat istrinya..Duh!!).

Akhirnya setelah sampai rumah sang istri pun sibuk browsing-browsing, daaaaannn didapatlah teori ilmiah tentang si jabal magnet ini: (diambil dari aliboron .wordpress.com).

“Menurut fisikawan, dan dibenarkan oleh pengukuran GPS, efek ini semata hanyalah ilusi. Yup. Ilusi yang disebabkan oleh landscape. Posisi pohon dan lereng di daerah sekitar, atau garis cakrawala yang melengkung, dapat menipu mata sehingga apa yang terlihat menaiki tanjakan sesungguhnya menuruni tanjakan.Tentu tidak semua bagian di daerah itu bisa menimbulkan efek ilusi, hanya pada titik tertentu dengan kondisi tertentu yang memungkinkan efek ini terjadi.
Yang terjadi di Jabal Magnet sesungguhnya adalah bias sudut pandang dan sudut yang ganjil. Di lokasi ini memiliki cakrawala yang sepenuhnya atau sebagian besar terhalangi, sehingga sulit bagi mata manusia untuk menilai kemiringan permukaan. Jika kita berada di dalam mobil posisi kita semakin sulit mencari titik referensi yang handal, ditambah ilusinya oleh indera, keseimbangan tubuh, khususnya bila kemiringan lereng ini kecil. Akibat lain dari tidak adanya referensi adalah benda yang secara normal dianggap tegak lurus tanah (seperti pepohonan) dikira memang tegak lurus, padahal tidak. Ilusi ini serupa dengan ilusi kamar Ames, dimana bola dapat terlihat bergulir melawan gravitasi.
Ada sebuah ilustrasi ilusi dibuatkan simulasinya oleh Koukichi Sugihara yang membuat  video berjudul  “Impossible motion: magnet-like slopes” .
Silahkan Klik di sini,untuk memudahkan pemahaman kita:

*Metode Pembuktian
Bagaimana Cara Mengujinya?  faktor yang menyebabkan mobil bisa berjalan sendiri apakah faktor medan magnet atau faktor ketinggian (elevation)?

Tentu mudah, kita hanya membutuhkan peralatan objektif  GPS (Global Positioning System). Pengujiannya sederhana sekali yaitu dengan mengukur di titik dasar dan puncak tanjakan. Catat ketinggian dasar tanjakan dan puncak tanjakan, perhatikan apakah benar sesuai dengan pengalaman indrawi sebelumnya. Pengetahuan ilmiah inilah yang membuat SGS (Saudi Geological Survey) tidak pernah heboh mengenai adanya Jabal Magnet.” (diambil dari aliboron .wordpress.com).


Yups begitulah kira-kira tentang rahasia si jabal magnet ini. Thanks to my beloved hubby karena dia, jadi tau tentang rahasia ini🙂

Note: Daerah semacam ini bukan hanya ada di Madinah, tapi di China: (Liaoning, Shan Dong, Xi An), Taiwan, Utah, Uruguay, India (Ladakh) dan Korea. Dan tidak ketinggalan di Gunung Kelud, Gunung Semeru (Indonesia)

Posted in: Info Jalan-jalan