Bukhori dan Kabsah

Posted on September 26, 2011 by

3


Contributor : Mira Sonia
Yang saya sebut di atas bukan nama2 orang loh yaaa …. Itu nama-nama nasi khas arab. Yang demen makan nasi goreng, hampir bisa dipastikan suka juga ama nasi kabsah ataupun nasi bukhori. Emang mirip sih rasanya, malah lebih gurih dari nasgor dehh..

Pertama kali menginjakkan kaki di kerajaan ini, mei 2009 tepatnya, di ibukota Riyadh langsung dapet suguhan nasi khas arab ini. Kesan pertama yang berasa banget adalah aroma kapulaga sama cengkeh. Kalo ga salah ada aroma jinten juga, wooww arab banget bukaaann?? :D

Sebenernya ga begitu suka ama rempah-rempah an itu, tapi ga tau ya begitu udah nyampur ama nasi kabsah rasanya bener-bener eksotik, satu lagi yang bikin ga eneg adalah adanya si asem-asem manis ‘kismis’ yang juga ikut serta memeriahkan kelezatan nasi kabsah. Bener-bener perpaduan rasa yang unik!!
Pengeeen deh bisa masak nasi kabsah ini, soalnya semua pada suka. Kedua juragan kecil n big boss pun pada doyan. Pas nyari di google sih langsung dapet resepnya, tapi kok masih aja bingung cara bikinnya ya? duuuhh ada ga ya yg bisa ngajarin bikinnya??

Akhirnyaaaa.. pucuk dicinta ulampun tiba! Ternyata si bibinya mb leni, jago bikin yg gituan, maklum beliau udah bertahun-tahun kerja di rumah orang arab. Jadi udah fasih banget masak nasi kabsah. Asiiiikkk kesampean juga cooking class ama si bibi. Waktu itu bikin nasi bukhori ayam, hmmm emang maknyuss, top banget deh bibi ^_^ …
O iya yang unik ga cuma rasa dan cara memasaknya saja tapi juga cara penyajian nasi kabsah. Biasanya nasi yang udah mateng disajikan di sebuah piring besar semacam nampan dan dimakan bersama-sama sekitar 4-7 orang .. seruu yaaaaa …

Agak ribet juga sih persiapannya banyak karena rempah-rempah yang dibutuhin ga ada di dapurku. Dan katanya lebih afdol kalo pake beras basmati juga.. duuhhh musti belanja dulu niih :)
Naahh sekarang amunisi sudah lengkap,Saatnya ke dapur yuuk bunda… :)
Bikin nasi kabsah aja ahh, ga jauh beda kok ama bukhori. Cara dan bumbunya hampir sama hanya pemakaian tomat dan pasta tomat yang dihilangkan. Sebagai gantinya diberi bubuk kunyit. Dan Inilah dia penampakan si nasi kabsah daging..


Masih penasaran pengen bikin nasi bukhori sendiri mumpung masih ada sisa-sisa bahan-bahannya, daaaaannn hasilnya… yummmmmiiee, yummmmiiee.. lahap semua makannya. Makasiiiihh ya bibi, makasih ya mb leni😉 …

Ini dia gambar nasi bukhori ayam..

Ini resepnya ya moms..
Ayam/daging sapi/daging kambing/daging unta sekitar 700gr
3 bw bombay cincang
6 bw putih halus
3 gelas beras basmati
Daun arab (ga tau namanya apaan,bentuknya sih mirip daun salam) 3lembar
Kayu manis 3 cm
Jinten secukupnya
Kapulaga 2-3 butir
Cengkeh secukupnya
Kismis secukupnya
Garam secukupnya
Bubuk kunyit secukupnya
Caranya:

1. Tumis bawang bombay cincang sampai layu lalu masukin bawang putih sampai bau wangi.

2. Masukkan rempah-rempah diikuti potongan ayam/daging. Tunggu sampe bumbu agak meresap ke ayam/daging.

3. Lalu tambahkan air sampai menutupi ayam/daging. Masak hingga empuk.

4. Setelah itu masukkan beras basmati dan kismis masak hingga nasi mengering dan matang, siap dihidangkan dan dihabiskan😛 …

Posted in: Resep masakan