Makanan Khas Palembang ala Katering Rumahan

Posted on October 18, 2011 by

2


Kontributor : Leni Nurindah

Ditulis oleh : Jihan Davincka 

Siapa yang gag doyan pempek palembang? Penganan khas dari kota Palembang ini sudah sangat dikenal luas oleh berbagai kalangan masyarakat bahkan yang asalnya jauh dari kota Palembang🙂.Selain pempek, Palembang juga terkenal dengan masakan tekwan nya.

Pempek Palembang

Beberapa teman yang tinggal di luar negeri bahkan mau repot-repot mencoba  untuk membuat pempek ini meskipun effort nya tidak main-main dan mereka awalnya termasuk enggan masak memasak😛. Di kota Jeddah tidak perlu repot-repot jumpalitan di dapur untuk menemukan kedua masakan enak ini😀.

Ada katering Ibu Ema dan katering Ibu Yani yang siap menerima pesanan pempek maupun tekwan. Terasa banget pas lagi hamil kemarin, saya (yang amat sangat gag suka nge-dapur ini :P) kebetulan ngidam pempek, tinggal mesen aja. Biasanya mesen rame-rame dengan teman-teman yang lain, pihak katering biasanya menerapkan pesanan minimum, kalo gak salah minimal 5 kg. Yah, kalo emang super doyan bisa lah langsung mesen 5 kilo untuk diri sendiri😛.

Pempek nya bermacam-macam mulai dari kapal selam hingga lenjer, dan disediakan pula pempek kulit yang rasanya enak banget kalo buat saya ^_^. Tekwan juga tinggal direbus, udah disediain loh bumbu kuahnya. Jadi cuma modal panci gede + air mateng aja.

Tekwan ikan (source : pempek-cikayu.com)

Ibu Yani juga menjual kerupuk ikan palembang. Sedangkan Ibu Ema juga membuat bakso yang dikemas dalam plastik yang bisa dibeli di beberapa toko-toko kelontong Indonesia yang tersebar di kota Jeddah. Merk bakso Ibu Ema namanya “Sumatra”. Tapi kalo bakso sih pilihan banyak yah😉.

Makan enak tanpa repot? yuk mareeeeee :P…