Makan Murah-Meriah di Fancy Restaurants

Posted on January 15, 2012 by

0


Kontributor : Vica Item

Saudi adalah satu-satunya negara yang saya tahu punya tempat hiburan tebatas. Ga ada live show, apalagi konser-konser-an. Dan jadilah  makan enak dengan suasana makan yang berbeda jadi salah satu tujuan wisata orang local dan para expat. Bukan hanya karena makanananya, tapi juga untuk sekedar mencari suasana berbeda. Makanya sebagai kota internasional, berbagai macam makanan dari hampir seluruh dunia ada disini, dari yang mahal sampai yang murah.

Nah, resto-resto yang agak bagusan ambience dan servicenya, biasanya mahal lah. Untungnya di Jeddah ini banyak restoran keren yang menawarkan menu dengan embel-embel Special Offer😉. Bisa berupa business lunch, yang sesuai namanya maka waktunya terbatas untuk lunch saja, atau all you can eat buffet, atau special offer untuk special occasion.

Info lengkap bisa dicek di Jeddahfood.com sih, but these are the restaurants yang pernah kita coba dan juga special offernya. Oya harga-harganya excluding service charge ya.

Steak House

Kanan : Steakhouse Burger Sandwich, Kiri : Fajita New World

Namanya aja Steak House, tentunya menawarkan berbagai macam steak dan sandwiches beserta teman-temannya.  Restoran ini adalah chain Saudi asli, walaupun menawarkan makanan khas US n Mexican. Special offernya di Business Lunchnya yang murah meriah. Dengan harga 39sar/org (Sat-Wed) atau 49sar/org (Thursday), kita mendapatkan appetizer all you can eat soup DAN salad bar, dan main course satu sandwich lengkap dengan french fries yang pilihannya tersedia di menu lunch offer, plus refillable drinks (soda or iced tea). Kenyang abis. Soupnya juga berubah setiap hari.

Bahkan sekarang mereka menambahkan teaser baru, nambah bayar 10 sar untuk juices atau smoothie atau dessert yang harganya sekitar 15 sar. Sandwichnya juga enak. Burgernya besar dan terbuat dari fresh ground beef, homemade, bukan yang beli jadi (frozen) dari supermarket. Karena berasa kurang bumbu, cuma daging doang. Tinggal tambahin steak sauce aja en pepper sih buatku.  Memang biasanya cuma lunch offer yang kita ambil, tapi Fajita New Worldnya juga enak. Lebih enak dari bberapa US chain disini dan dia juga punya special way of cooking steak yaitu di atas hot granit stone. Hati-hati kalau punya baby atau toddler en pengen coba yang satu itu, karena batunya beneran panas.

Lokasi ada di beberapa tempat; Red Sea Mall, Tahlia Lounge, dan King Abdul Azis Street (sebelah Stars Avenue).

Applebee’s Business Lunch and Iftar Buffet

Applebee’s menawarkan Business Lunch setiap Sabtu-SELASA (ga sampai Rabu ya, apalagi Kamis). Harganya terakhir (kira-kira dua bulan lalu) sekitar 39 SAR/org. Disertai pilihan menu utama dengan appetizer salad ATAU sup dan refillable drinks.   Kadang ada special offer harga murah untuk menu combo, misal steak and shrimp plus dessert cuma antara 59-79sar/person.

Selain itu Visa card dari Aljazira Bank menawarkan 15% disc. di Applebees.   Tapi kalau lagi puasa Ramadhan jangan dilewatkan iftar disini. Tahun ini dengan harga 69SAR/orang, bisa dapet open buffet appetizer, dessert, dan drinks (buffalo wings, soup, salad, quesadilla, nachos, pokoknya yang biasanya harganya udah sekitar 20-40sar per porsi), plus main course yang ada di Menu Iftar. Kuenyang abiiiisss….Walaupun harus antri bangets di saat ambil buffet.

Lokasi ada di Andalus Street, Perempatan Hera Street dan Sultan Street, dan Red Sea Mall.

Spears Intercontinental Hotel Business Lunch

From top left clockwise: camel meat, turkey, chicken, beef.

Spears menawarkan Brazilian way of cooking steak alias Churrasco. Yaitu dibakar di tusukan kayak sate dari besi, yang menyerupai tombak. Makanya restauran yang themenya Churrascaria (Brazilian steak house) ini namanya Spears. Restoran ini emang cukup mahal, karena mungkin berada dalam hotel Intercon Corniche.

Tapi taunya ada business lunch offer, yang emang ga murah-murah amat sih. Harganya 79 sar/person, dapat appetizer salad ATAU soup, 5 kali serving nambah daging plus 1 glass of soda drink. Dulunya sih, waktu harganya masih 69sar/person, malah kita bisa makan all you can eat meat, mau nambah berkali-kali sampe mbludag juga ga papa.

Disini, aku pernah cobain yang namanya daging Unta (Camel). Enak loh, empuk kayak veal, tapi lebih putih dari beef, pinkish gitu. Yah mencoba sekali-kali boleh lah, walau suami harus mbela-belain telat balik kantor buat dapet offer makan murah. Kalau weekend kan jadi harga normal (that is around 150-175sar/org) heheheh…

TGI Friday’s dan Ruby Tuesday’s

Untuk kedua restoranini, aku belum pernah coba business lunchnya. Untuk TGI, di tag di 29-39SAR/orang, sementara Ruby 59sar/orang dan sekarang mulai dari 29sar/orang. Cuma saja, kami senang minum-minum di TGI soalnya cocktailnya lebih murah dan beraneka ragam dibanding other US chain. Dan disana kadang punya special introduction price untuk menu-menu baru.

Makanannya sih tidak terlalu enak, lebih karena dagingnya kurang fresh dan nachosnya juga seperti nachos beli di supermarket, not own oven baked).

Untuk Ruby Tuesday, steaknya okay, tapi fresh garden saladnya kebangetan. Aduh, baru sekali ini makan brokoli ga dimasak. Eating healthy doesn’t mean we have to eat all unprocessed food.

Lokasi TGI Friday: Andalus Street dan Mall of Arabia  Lokasi Ruby Tuesday: Andalus Street dan Sultan Street (roundabout Aeroplane)

Vapiano

Diambil dari Cobone.com

Kami tidak tahu ada restauran ini, sampai tiba-tiba ada offer di Cobone, beli voucher 8sar untuk purchase 80sar. Waduh penasaran dong nih. Kami beli 2, karena memang cuma dilimit sampai 2 voucher saja pembelian di Cobonenya.

Vapiano adalah Italian restaurant di Mall of Arabia. Settingnya membuat kita berasa duduk di lounge airport sambil menunggu boarding, mana dekat airport pula hehehe. Cara pembeliannya adalah kita dikasih kartu yang isinya uang yang kita bisa belanjakan makanan n minuman. Misal kartu kami jadi bernilai 160sar, karena ada dua voucher seharga 80sar.

Aku memesan pasta chicken mushroom dan suami pasta chicken dengan saus tomat plus green salad dan pizza untuk anak2. Total pembelian kami 195sar, jadi harus nambah bayar lagi sktr 35 sar. Well, total untuk bill 195sar, kami cuma bayar 51sar. Lumayan kan hehehe. Tapi ini cuma offer occasional aja, dan tidak selalu ada.