Masjid Kayu Jeddah ( Al-Murobba)

Posted on February 15, 2012 by

0


Contributor : Euis Fauziah

Selain Masjid Terapung , Patung Sepeda , Air Mancur tertinggi ,Masjid Qishos, Balad Corniche, Laut Merah, Makam Siti Hawa, sebenarnya masih banyak wisata lain yang bisa dikunjungi oleh para jamaah umroh di Jeddah. Mungkin karena sudah dari dulu dan jadi kebiasaan yah kalau yang namanya umroh dan hajian harus ke tempat ini dan tempat sana, jadinya yaaa…tempatnya itu lagi itu lagi….

Kami sendiri kalau kedatangan tamu, tempat yang sering dituju travel pastinya ngga mau di lewatin . Selain tempat-tempat yang biasanya di kunjungin orang travel kami biasanya mengajak tamu-tamu kami ke Pasar Karpet, Bab Syarief dan Masjid Kayu, namanya lupa nih dalam bahasa arab. Dan lokasinya pun tidak jauh dari Patung Sepeda.

Nama asli masjid ini kalau ngga salah baca dalam arab gundul ,Masjid Al-Murobba , tapi karena bentuk masjidnya yang menurut kami unik, karena semuanya terbuat dari kayu mengingatkan kami pada masjid-masjid di Indonesia sana yang terbuat dari ukiran kayu jepara

Biasanya sih kita sering bawa tamu-tamu haji atau umroh ke masjid ini. Sebetulnya masjid ini sebuah sekolah juga, sekolah tahfidz anak-anak untuk sore hari dan sekolah formal di pagi hari , masih sekolah tahfidz juga.

Di masjid ini ada Library juga loh….dan musium . Tapi yang saya heran, ngga tau bukanya kapan. Saya menemani tamu pagi , siang, sore, malam (apalagi) ngga pernah buka. Kalau pagi hari , adanya anak-anak TK yang sekolah.

Ada juga maket miniatur kecil berupa patung dengan suasana kota Jeddah, Mekah dan Madinah, lengkap dengan Ka’bah juga Masjid Nabawinya.

Kalau mau berkunjung ke sini , tidak jauh dengan Patung Sepeda, dekat juga dengan RS. Erfan Bagedo.

Advertisements