Menikmati Keindahan Pantai Shoaiba

Posted on February 15, 2012 by

2


Contributor : Sumiati  Istrizain

Pantai Shoaiba

contributor

Pantai Shoaiba terletak di provinsi Mekah, berjarak sekitar 150km dari Jeddah. Pantai ini masih alami, oleh pemerintah setempat belum dioptimalkan sebagai daerah tujuan wisata terpadu seperti halnya pantai Jeddah yang sudah menjadi salah satu obyek wisata ‘wajib’ dikunjungi oleh jamaah haji dan umrah sebagai satu paket dalam perjalanan wisata. Oleh karena itu, wisatawan yang datang ke Pantai Shoaiba rata-rata adalah penduduk lokal.

Pantai ini merupakan kawasan pantai terbuka dengan air laut yang berwarna biru jernih membentang, di dasar pantai dilapisi oleh batu karang yang hampir merata di seluruh permukaan laut. Jadi disarankan bagi yang akan memancing, menjaring ikan ataupun menyelam disana untuk memakai sepatu plastik supaya kaki tidak sakit saat menginjak karang.

Sudah dua kali saya dan beberapa teman menghabiskan akhir pekan disana. Kami berenang di laut sambil menikmati sunset, lanjut dengan makan malam bersama, kemudian malamnya kami menunggui pancingan ikan yang telah di pasang sambil menikmati suasana malam khas pantai dengan deburan ombak kecilnya yang membuat terlena. Apabila pancing kami berhasil mengait ikan, kami bakar saat itu juga disana. Malamnya kami tidur di tenda-tenda yang telah kami buat, keesokan pagi harinya baru pulang.

Playing on the Beach

Bila kita menyusuri pantai di malam hari, jangan lupa membawa senter. Ketika kita arahkan cahaya senter ke air laut, akan banyak terlihat kepiting muncul di permukaan dan akan berlarian karena cahaya yang kita pancarkan kearahnya. Saya terpesona melihat ini pertama kali. Para kepiting itu akan membuat rumah-rumah di pasir pantai. Jadi tidak mengherankan jika di sepanjang pantai banyak terdapat gunung-gunung pasir kecil setinggi kurang lebih 20cm dan di dekatnya terdapat lubang karena itu adalah rumah yang telah mereka buat.

Oh iya, disana sudah ada sebuah tempat pamancingan dan villa yang sudah di komersilkan bernama Kattan Beach Village. Biaya untuk masuk seharga 150riyal/3jam/mobil dan 200riyal/6jam/mobil. Di sarankan bagi yang mau kepantai untuk membawa bekal makanan sendiri serta membawa air tawar untuk bilas sehabis mandi di laut, karena letak Pantai Shoaiba sangat jauh dari daerah pemukiman dan tidak ada pertokoan di sekitar pantai. 

Posted in: Info Jalan-jalan