Menu Pecak , Restaurant Betawi

Posted on February 27, 2012 by

0


Contributor : Abdullah M . Umar

Memang tidak sulit mencari Restaurant Indonesia di Jeddah, saat ini tidak kurang dari 15 resto Indonesia di Jeddah dari mulai kelas warteg hingga kelas atas. Namun yang sulit adalah mencari makanan khas Indonesia yang rasanya benar-benar asli.
Untuk itu Restaurant Betawi berusaha semaksimal mungkin untuk menyajikan menu Indonesia dengan cita rasa asli Indonesia.
Salah satu menu yang saat ini sulit didapati di resto lain adalah ikan bakar/goreng bumbu sambal cobek yang biasa di Jakarta disebut sebai pecak. istilah “pecak” di sini memang mirip dengan istilah “pecel” Jawa Timur-an yang artinya ikan goreng atau bakar yang dipenyet di atas cobek dengan sambalnya.
Sambal kacang untuk pecak ikan ini memang punya tendangan pedas – biasanya dihasilkan dari gabungan cabe merah keriting dan cabe rawit. untuk membuatnya lebih gurih, kacang tanah dicampur dengan kacang mede. Sekalipun tersaji sangat pedas, tetapi kegurihan kacangnya masih terasa di belakang.
Karena ikan gabus sulit dicari di Jeddah, maka ikannya diganti dengan ikan hamur atau ikan lain…menu ini sangat cocok dicoba dalam suasana alami diiringi oleh bunyi air mancur gemericik dan nasi hangat, apalagi dimakan dengan kangkung hotplate dengan terasi yang maknyosss..silahkan dicoba..