Berkilaunya “YAMAMA”

Posted on March 20, 2012 by

1


Contributor : Mira Sonia


Wanita mana sih yang ga suka emas? Kalo saya pribadi memang ga begitu suka emas dalam bentuk perhiasan,tapi untuk emas dalam bentuk yang lain?hmmm ga usah ditanya deh,dikasih berkilo-kilo  saya tampung kok hehehe..

Pasar Yamama adalah salah satu pusat pertokoan di Jeddah yang menjual segala macam bentuk emas. Letaknya ga begitu jauh dari pusat kota Jeddah,Balad. Harga emas yang dijual disini relatif(sedikit) lebih murah dibanding toko emas yang di Balad. Pilihannya pun banyak,karena jumlah tokonya pun lebih banyak juga. Wajib deh dikunjungin oleh kaum hawa yaaa 
Ingin beli perhiasan?ada,atau ingin beli dalam bentuk koin? ada juga..atauu dalam bentuk batangan?juga ada kok..tinggal pilih sesuai selera 
Kalo untuk jenis perhiasan sih hampir sama lah ya ama yang di Balad,bentuknya disesuaikan sama selera wanita arab,ukurannya gede2,bentuk mencolok banget,pokoknya meriah euyyy..  Walau masih jadi minoritas,tapi ada kok yang bentuknya mungil dan manis.

O iya kata seorang teman nih,kalau mengutamakan bentuk/desain sebaiknya ke toko perhiasan Fitaihi yang tersebar di beberapa sudut kota Jeddah. Salah satunya di distrik Baghdadeyah dan Tahlia street. Katanya,design toko emas Fitaihi sungguh berbeda dengan perhiasan khas arab kebanyakan,benar2 indah dan elegan. Kata teman saya juga nih(kebanyakan katanya melulu yaa,,maaf, saya sendiri belum pernah masuk Fitaihi hehehe ) perhiasan di Fitaihi dijualnya bukan per gram,tapi per piece atau per set. Jadi jatohnya lebih mahal,mungkin kena ongkos designernya kali yaaa  Ya begitulah ibu2,harga sebanding dengan keindahan bentuk dalam kemilau si logam mulia hehehe..

Eehh kok nyampe Fitaihi segala,back to Yamama ya moms..Untuk emas batangan tidak semua toko menyediakannya,hanya di toko tertentu saja. Emas batangan dijual mulai per2.5gram, 5gram,10 gram,20 gram,1 troy ounce(31,1 gram),50 gram,dan 100 gram. Ada juga toko emas induk yang menjual emas khusus per 1kg,bahkan per 13kg,yang harganya dipatok sesuai dengan harga emas dunia,real time lohhhh dan tanpa dibebani ongkos pembuatan. Banyak toko emas di Yamama juga yang membeli emas di toko induk ini yang untuk kemudian dilebur lagi dibagi menjadi batangan2 dengan berat yang lebih kecil. Ada toko yang menambahi biaya untuk ongkos pembuatan. Sepengetahuan saya sih kurang lebih 50 SR per batangnya untuk batangan di atas 50gram,sedangkan dibawah itu,dikenakan biaya 1 SR per gramnya. Ada juga beberapa toko yang tidak meminta ongkos pembuatan tapi mematok harga beberapa real lebih tinggi ,tergantung margin masing2 penjual terhadap harga acuan emas saat itu. Jangan kuatir,yang model begini nih masih bisa ditawar kok 

Kesimpulannya,sebelum membeli kita harus tau harga emas dunia waktu itu, yang akan jadi modal kita untuk urusan tawar-menawar dengan si penjual emas.
Demikian reportase kali ini,semoga bermanfaat. Selamat berburu kilau2 di Yamama!!