Blok “M” nya Jeddah

Posted on March 20, 2012 by

3


Contributor : Mira Sonia

Emang Jakarta aja yang punya blok M?? Jeddah punya juga doongg…walaupun ga seluas di Jakarta,tapi sama ramenya kok :)sempet kaget waktu pertama kali ngeliat blok M nya Jeddah. Kirain pusat perbelanjaan atau terminal bis yang ramai seperti di blok M Jakarta..eee ga taunya??

Blok M merupakan singkatan dari blok Madura. Ga tau juga siapa yg menciptakan istilah ini yang jelas sudah lumayan terkenal lah blok M nya Jeddah ini. Blok M adalah sebuah tanah lapang di antara makarunah dan sari street. Yang digunakan oleh orang Indonesia untuk berjualan aneka makanan khas nusantara. Ada rujak cingur,bakso,sate,gado2,dll semua dipatok harga sama yaitu 5SR saja,hihihi murmer bukaann?bawa uang 10SR aja udah cukup untuk mengenyangkan perut kita 


Karena murahnya saya suka kalap setiap mengunjungi blok M,abis makan rujak cingur lanjut bakso,lanjut lagi ngebungkus sate. Belum lagi aneka jajanan pasar yang bikin ngiler,onde2,cenil,lupis dll. Hmmm serasa lagi di indo aja 

Banyak deh yang jualan di blok M,rata-rata emang dari suku Madura. Mungkin itulah yang menjadikan tempat ini disebut blok M atau blok Madura. Walaupun ada juga penjual yang saya dengar menggunakan logat sunda,tapi jumlahnya hanya sedikit. Di blok M penjual hanya berjualan di Rabu dan Kamis malam saja. Tiap pedagang menggelar tikar lebar dan menata rapi barang jualan mereka di atas tikar. Jadi teringat lesehan-lesehan di Jogja waktu malam hari yaaa.. Mereka mulai berjualan di atas jam 8 malam. Ternyata semakin malam semakin ramai pengunjungnya.

Ngomong-ngomong tentang pengunjungnya nih,saya liat memang hampir semua kalangan ada. Pernah saya melihat 2 wanita pramugari yang lagi jajan di blok M. Malah terakhir saya ke blok M Kamis kemarin,ada 3 orang arab,1 laki-laki dan 2 perempuan pesan rujak cingur dan sate. Mereka duduk di tikar juga sambil makan dengan lahap. Haaaa?ternyata orang arab suka rujak cingur juga?? Hehehe saya jadi ketawa sendiri

Menu yang ditawarkan satu penjual dengan lainnya hampir sama. Yang membedakan hanya rasanya saja. Di tempat tertentu baksonya lebih enak dari yang lainnya,demikian juga di pedagang satu lagi rujak cingurnya lebih mantap dibandingkan penjual lainnya. Emang harus rajin-rajin mengunjungi blok M niihh biar lebih hafal lagi di penjual ini menu apa yang paling oke 

Yuuuuukkk,sesekali jalan-jalan ke blok M. Dijamin kantong ga bakalan langsung kempes,kecuali anda borong semua makanan yang disana!!! Hehehe..