Eshbelia Internasional School

Posted on April 23, 2012 by

0


Contributor : Euis Fauziah

****Pilihan saya pada sekolah ini selain memang pilihan anak-anak kemudian di approve oleh kedua orangtuanya juga pertimbangan yang sangat dekat sekali dengan tempat tinggal kami yang hanya berjarak lebih kurang 50meter, dan tidak membuat saya pusing untuk cari-cari mobil antar jemput anak-anak ketika pulang pergi sekolah. Cukup ibunya saja yang jemput atau anak-anak pulang sendiri dengan kakak terbesarnya

Ketika pertama kali memasukkan anak saya ke sekolah ini, sekolah ini di pimpin oleh seorang Pakistan dengan kurikulum british India. Bidang study dan segala macam yang berhubungan dengan sekolah mengacu pada british India , jenjang pendidikan terdiri dari Playgroup hingga grade 12 . SPP perbulan sekitar 250sar untuk semua jenjang pendidikan .

Entah kenapa , tiba-tiba saja untuk tahun ini (2011) kepemilikan beralih dan di handle oleh seorang Lebanon, dan mulailah beberapa perombakan dari mulai gedung, sistem belajar mengajar dan juga sistem pendidikan, berbeda dengan Eshbelia sebelumnya .

Jenjang pendidikan di mulai dari nursery hingga grade 12 bahkan ada kelas untuk special needs. Saya sendiri tetap bertahan dengan sekolah tersebut , alasannya sama seperti semula, dekat dengan rumah, ngga perlu repot dan bergantung dengan suami ketika ada keperluan mendadak yang mengharuskan salah satu orang tuanya segera ke sekolah. Contoh : anak sakit , anak berantem , anak kebelet …:D yang lebih ekstem lagi dalam keadaan darurat , contoh : hujan disertai banjir bandang, badai puting beliung , sandstorm , tenang bu , pak, itu jaraaannngggg banget terjadi..

Kurikulum yang ditawarkan british american , apakah ituu…silahkan tanya sendiri ke sekolahnya yah…:D. Kegiatannya ada yang harian, mingguan, bulanan…samalah kayak ibu-ibu arisan….hihihi…ngaco banget sih…harian anak-anak seperti biasa belajar di kelas masing-masing,dengan variasi materi yang sesuai topik saat itu ,kadang anak-anak membuat praktek kerajinan tangan atau hal-hal lain yang memacu pada kreativitas siswa.

Ada juga semacam laporan mingguan, kegiatan apa saja yang sudah dilakukan anak-anak. Dari yang coret-coret baju, berkreasi dengan aktivitas di kelas, kegiatan membaca menulis di kelas, coret coret tembok….hah!! Terkadang juga ada kegiatan out door…maksudnya kegiatannya di luar kelasss….atau di luar sekolahaan…iihh…kurang kerjaan yaa…ngapain di luar sekolahan?ituu..maksudnya jalan-jalan gituuu…entah ke Zoo,ke park, ke play ground manaa gitu, ke mol, ke pasar, nemenin gurunya belanjaa….*tambah ngaco lagi, *.

O iya…yang barusan saya uraikan itu untuk anak TK, berbeda dengan anak SD nya.. tapi ngga jauh beda dengan anak TK nya. Hanya saja untuk anak TK lebih ke arah fisik motorik dan stimulasi secara verbal serta sosialisasi si anak

Untuk tingkatan SD nya , anak-anak sama seperti kebanyakan sekolah-sekolah pada umumnya. Selain materi subjek seputar sains, math,france, sport, Islamic, Arabic, Hifzul quran, dll . Kegiatan pun kadang di adakan diluar area sekolah, misalkan kunjungan-kunjungan ke tempat antah berantah terserah sekolah mau ngadain kemana .

Tahun ajaran baru dimulai pada bulan September, libur semester pertama bulan januari-february dan libur semester ke 2 dimulai dari juni-agustus. Selain liburan formal sekolah, biasanya juga ada liburan suka-suka , maksudnya kalau tiba-tiba suka hujan, suka sandstorm , suka mati lampu , dan jangan harap ada tanggalan merah, karena tanggalan merah disini cuma 1 hari, dan itupun baru-baru saja di adakan , yaitu hari kemerdekaan saudi di bulan September. Eh ada lagi deng liburannya, libur hajian sekitar 2 mingguan.

Untuk bayaran sekolah tergantung jenjang pendidikan si anak . Anak saya kebetulan TK B sekitar 9ribuan per tahun . Dan anak saya yang grade 2 sekitar 10ribuan pertahun , belum termasuk buku dan seragam, untuk buku dan seragam sekitar 500sar untuk masing-masing anak, masing-masing mendapatkan 2 paket baju seragam. Untuk kegiatan diluar sekolah atau pengadaan trip biasanya di kenakan 30-50sr per anak , sudah termasuk breakfast dan lunch.

Guru-guru terdiri dari Lebanon, Syiria, India , Saudi, Jordan . Bahasa pengantar English tapi ketika pelajaran bahasa arab dan menghafal alquran akan disampaikan dalam bahasa arab. Lokasi sekolah Eshbelia Internasional School di distrik Syarafiyah dekat sekali dengan Singaparna 2 , jadi enak tuh kalau antar jemput anak sekolah bisa sambil mampir belanja ke Singaparna, dan deket juga loh dengan warung nasi mang Udin, warung nasi rindu alam, mr . Sate , hihihihi..