si manis Khunafa

Posted on April 23, 2012 by

0


Contributor : Euis Fauziah

**Rasanya memang maniissss….buat yang suka makanan manis-manis , cemilan satu ini cocok banget dijadiin cemilan ketika santai , ditemani teeh hijau dari mustika ratu ,loh..?

Makanan yang satu ini jadi makanan favorit saya dan keluarga, jadi salah satu pilihan juga untuk tamu-tamu yang sedang umroh atau hajian. Biasanya cemilan ini kami jadikan welcome food atau sekedar oleh-oleh untuk di bawa pulang ke tanah air. Rasanya yang manis dan gurih membuat siapa saja yang coba, pastinya akan ketagihan dan minta di oleh-olehin lagi…: D

Kalaupun di bawa pulang ke Indonesia , lumayan awet dan bisa dihangatkan kembali, ngga mudah basi kok, tapi tetep aja yah lebih enak di makan hangat-hangat ketika baru keluar dari oven.

Asal makanan ini dari mid east, ngga tau mid east yang mana nih..di turkey sendiri di sebut Khunafe atau bahklawa , bahkalava ,di Jeddah kita bisa dapatkan di tempat pastry, seperti toko kue , hypermart, Raidan, Khunafa restauran, atau deket jalan balad sekitaran makam siti Hawa .

Atau mau coba buat sendiri ?

Coba resep berikut

Berikut yang pernah coba bikin khunafa tapi bukan saya yah….;p

sirup:
2-1/2cangkir gula
1-1/4 cangkir air
1 sendok makan jus lemon
2 sendok makan air jeruk

Campuran Krim :
1/2 cangkir tepung beras
4 cangkir susu
1/2 cangkir krim
4 sendok makan gula

pastry:
1 Kataifi kue kering, dicairkan
2 sendok mentega tawar, lelehkan

Garnish:
2/3 cangkir kenari, cincang

1. Sirup: Dalam panci kecil pada panas tinggi , tambahkan air, gula dan air jeruk nipis, didihkan lalu kecilkan apinya, masak selama 5 menit. Masak sampai kental, seperti sirup (jika masih kental tambahkan sedikit air).Tambahkan air jeruk kemudian dinginkan.

2. Dalam panci api sedang , tambahkan susu. Tuangkan tepung beras ke dalam susu, kocokan hingga rata dan tidak ada tepung yang menggumpal. Tambahkan krim, aduk rata.Kecilkan api tunggu hingga mendidih selama 10 menit, sambil terus di aduk . Tambahkan gula, sisihkan.

3.Dalam mangkuk ekstra besar, tambahkan kue Kataifi . Tambahkan mentega cair aduk . Dalam loyang pie 11-12 inci, tambahkan setengah darikue Kataifi, tekan ke bawah. Tambahkan krim untuk isian, kemudian tambahkan bagian lain dari kue Kataifi, tekan ke bawah. Panggang dalam oven-dipanaskan 350 F selama 45 menit.

4.Tutup panci , tuangkan setengah dari sirup gula di kue, setengah sirup gula lainnya untuk hidangan di meja. Hiasi dengan pistachio.

Bingung ? Silahkan liat di resep aslinya ….http://en.petitchef.com/recipes/cream-kunafa-fid-258496