Menjelajahi Dunia Baking di Jeddah

Posted on April 17, 2012 by

1


Kontributor : Linda Octaviana

Ditulis : Jihan Davincka

Sewaktu masih bermukim di Indonesia, saya tergolong jarang bereksperimen di dapur untuk urusan bikin kue. Tapi ketika mulai tinggal di Jeddah, kepikiran untuk mengisi waktu luang di rumah. Salah satu kegiatan yang cukup menarik menurut saya adalah iseng-iseng belajar bikin kue.

Jadilah awal datang ke Jeddah, saya mencoba mencari TBK  (Toko Alat dan Bahan Kue) seperti yang umumnya ada di Indonesia. Ternyata di sini  dipisahkan antara decorating tools dan bahan-bahan untuk membuat kuenya.

Sampai saat ini ada dua toko yang saya tahu menjual bahan dan decorating tools. Yang pertama adalah Tavola Jeddah
yang terletak di Tahlia Shopping Centre. Tepatnya di Shop NO. 56, LEVEL 1 TAHLIA STREET.

Selain menyediakan berbagai macam alat dapur yang fancy, di toko ini kita bisa menemukan berbagai macam produk wilton, spuit, pewarna, gumtex, piping bag, loyang, tier semua ada. Pengalaman teman bakulan –baker rumahan – yang diajak ke
Tavola, barangnya lebih lengkap dari TBK yang ada di Jakarta.

Untuk lengkapnya bisa browsing sendiri ke http://www.facebook.com/TavolaKSA .

Berikut contoh-contoh uniknya perlengkapan dapur yang dijual di sana. Saya ambil dari situs facebook dari Toko Tavola tersebut.

Toko satunya lagi, bernama Cake Arts KSA Jeddah, letaknya ada di Koraysh St, sebelah kiri dari TIS. Sama seperti Tavola,
Cake Arts ini juga menyediakan berbagai jenis barang dari Wilton dan semua peralatan untuk menghias kue. Yang
terbaru, Cake Arts ini menjual edible printer. Fungsi edible printer adalah untuk mencetak foto/gambar yang bisa kita
makan. Alamat lengkapnya bisa ke https://www.facebook.com/cake.arts

Kalau yang baru mau belajar bagaimana? Jangan khawatir😉. Di Cake Arts & Tavola juga menyediakan kursus
Decorating.

Jenis kursusnya antara lain : basic course, flower and cake design, serta fondant course dengan kisaran
biaya 800SR untuk 4 kali pertemuan dengan metode Wilton.

Selain itu, ada kursus yang diadakan oleh Madam Husna dengan kisaran biaya 100 SR untuk satu kali pertemuan, yang tertarik bisa langsung check it out Madam Husna Page https://www.facebook.com/pages/Husnas-Baking/237671292933143

Untuk bahan kue seperti : baking powder, baking soda, cream of tartar, sprinkle dsb dapat dengan mudah kita temukan di supermarket besar di lorong baking needs. Hampir semua kebutuhan baking bisa kita dapatkan disana. Tetapi khusus untuk Emulsifier, yang merupakan nama generic dari TBM, Sp28,  cuma bisa didapatkan di baqala Indonesia saja.  Ada lengkap dengan berbagai variasi merek.

Tapi saya kurang tahu apakah ini merek-merek yang umum di tanah air apa bukan. Maklum lah, baru mulai menjelajah di dunia baking, nih😀.

Setelah bahan kue dan alat dekorasi, yang terakhir adalah mixer dan oven. Barang-barang ini juga dapat dengan mudah ditemukan di Supermarket/Hypermarket seantero kota Jeddah. Well, menurut saya yang paling lengkap ada di Toko Extra. Semua ada mulai dari stand mixer, bowl mixer, sampai dengan mixer untuk professional, berjejer rapi di rak-rak toko. Adapun untuk mixer professional harganya bisa lebih murah 2 juta daripada produk yang sama di Indonesia.

Urutan gambar : paling atas yang paling sederhana dan sekaligus paling murah. Mungkin cuma sekitar 100SR yang paling mahalnya. Makin ke bawah makin bagus dan tentu… harganya juga makin ‘bagus’😛. Harganya bisa melonjak di atas 500SR, lihat gambar paling bawah. Kalau yang di tengah itu kisarannya sekitar 100 – 500SR.

Toko Extra ada di berbagai tempat, kok. Ada satu di sebelah IKEA, di Tahlia.  Terus di Sultan Mall juga ada. Nah, saya seringnya mengunjungi Toko Extra yang di Sultan Mall ini.

Lengkapnya silahkan ke http://www.extrastores.com/

Happy Baking All ^_^.

Posted in: Info Belanja