Bermain sambil Belajar di Fantasy Stationery

Posted on May 16, 2012 by

1


Gedung Fantasy Stationery at Sultan Street

Contributor: Vica Item

==========

Liburan musim panas akan datang sebentar lagi. Kira-kira kalau ga mudik, kemana ya anak-anak dibawa jalan-jalan? Ke mall atau amusement center, bosen. Menginap di resort di Obhur, sudah terlalu panas (dan ehem, agak-agak mahil kalau pergi sekeluarga saja). Jadi coba kita lihat tempat lain. Sebenarnya banyak kok tempat-tempat di Jeddah yang bisa diexplore yang fun for the whole family. Ada Fantasy stationery, ada Sail Island, Voila School of Chocolate, dsb. Tapi yang mau aku bahas disini hanya Fantasy stationery saja.

Fantasy stationery sendiri nama arabnya adalah Rawail Maktabat. Lokasinya di Sultan Street tepat di depan putaran menuju Quraisy Street. Tidak jauh dari Sultan Mall dan disamping rumah sakit Ghasan n Pharaon. Bentuk gedungnya yang biru dan banyak kacanya, tidak mungkin terlewatkan kalau melewati Sultan Street. Di sampingnya ada waterpark besar yang pasti akan menarik mata setiap anak yang melewatinya. Nah, kalau datang dari arah GNP hospital, pintu masuk waterpark sebelum waterpark. Sementara gedung Fantasy ada setelah waterpark. Jadi waterpark itu bukan termasuk bagian dari Fantasy stationery seperti dugaan beberapa teman selama ini.

Gedung biru ini terdiri dari 4 lantai. Lantai pertama atau lantai masuk dan lantai 2 berisi barang peralatan rumah tangga dan pernik-pernik lucu penghias rumah, dengan harga premium (mahal maksudnya). Di lantai basement ada toko buku anak yang kalau tidak salah baca, terkadang mengadakan acara membaca bersama untuk anak dan pottery making for ladies. Belum pernah coba siiih.

Tapi yang seru buat anak-anak adalah di lantai 3 dan 4-nya. Karena disinilah tempat aktivitas anak-anak berada. Waah, lantai 3?? Capek yaaa, mbayangin harus bawa stroller (kalau bawa) ke lantai atas. Belum lagi harus menyeret kaki dan abaya sambil menggandeng anak. Mana cuma ada tangga di depan pintu pula. Jadi yang pertama kali aku tanya pas datang kesana setelah mendapat jawaban tentang children activities, adalah, where’s the elevator?.  Untungnya, ada doong elevator. Jadi dari pintu masuk, luruuus aja ke bagian belakang toko household, karena disanalah sang elevator berada. Makanya, aku bisa tau harga-harga barang yang dijual. Sambil lewat, sambil ngelirik kiri-kanan dong. Hati-hati saat melewati tempat ini sambil membawa anak kecil. Disana banyak barang pecah belah dan agak-agak sempit pula alleynya.

Pintu masuk activity room, lengkap dengan age requirement dan pengukur tinggi badan disampingnya

Nah, lantai untuk children activities mulai dari lantai 3. Lantai ini dibagi menjadi beberapa ruangan. Tiap ruangan berisi aktivitas yang berbeda dengan harga dan persyaratan umur dan tinggi yang berbeda pula. Jadi silahkan berkeliling dulu melihat-lihat aktivitas apa yang cocok untuk anak kita dan yang tentunya mereka minati. Ada kegiatan membuat kue atau pizza, pottery making, membuat artwork seperti painting atau membuat frame. Ada juga kegiatan membuat boneka dan kaos. Selain itu ada  ruangan yang memberi penjelasan tentang berbagai profesi lengkap dengan peralatannya yang bernama Professional Activities.

Kebanyakan kegiatan disini untuk anak mulai umur 5 tahun, dan orang tua tidak boleh masuk hanya menunggu di luar sambil melihat di balik dinding kaca. Harga juga beragam. Mulai dari 20 sar sampai 40 sar. Itu biasanya untuk aktivitas yang membutuhkan bahan seperti artwork, bikin kue/memasak, bikin kaos dsb. Karena setelah itu, barang hasil buatan anak bisa dibawa pulang. Sementara untuk Professional Activities Room dan Sandy Beach room hanya sekitar 10-15 sar untuk 15-20 menit.  Ada Little Bus playroom untuk toddler dan boleh ditemani orangtua or nanny, dengan harga sekitar 10-15sar.

Di lantai ini pula tempat kasir dan café. Kalau lapar en haus ya cukup makan disini. Dan kalau sudah tau mau ikut aktivitas apa saja, tinggal ke kasirnya, sebutkan aktivitas dan bayar. Harganya tertera kok di dekat pintu masuk tiap ruangan, lengkap beserta persyaratan umur dan tinggi dan perkiraan waktunya. Sebaiknya langsung kumpulkan semua kegiatan yang mau diikutin. Antrian kasirnya lumayan lamaa…

Physical Activities Room

Eh, jangan lupa naik ke lantai 4. Diatas sini ada kegiatan yang benar-benar melibatkan fisik. Ada playroom untuk anak mulai umur 4 tahun yang buesaaar banget. Mulai dari shooting room, sand room, sampai small gokart. Tapi kemarin sih ga keliatan beroperasi tuh gokartnya. Sama juga, ada persyaratan umur dan tinggi. Kemarin lihat shooting room sepertinya bisa dipakai buat my little princess, eh, udah beli tiketnya, ternyata malah dia ketakutan karena ada bunyi berdesing dari alat pelontar bola. Ya sudah, akhirnya mas-nya pake dua tiket. Waaah, 40 menit untuk dia doang ternyata masih belum cukup, masih harus dipanggil-panggil lama, dan disamperin petugas baru mau keluar :p.

Kalau mau ke kamar mandi, juga di lantai ini tempatnya untuk ibu-ibu. Luas dan lumayan nyaman buat gantiin diapers. Sholatnya yah menggelar karpet di depan tangga.

Sayangnya waktu buka untuk kegiatan anak-anak hanya mulai dari jam 5 sore – 11 malam. Belum lagi pas harus tutup saat waktu magrib dan Isya. Seharusnya sih, kalau lagi musim liburan sekolah, dibuka dari pagi ya? Jadi kan enak buat kita. Daripada di rumah saja, kan bisa jalan-jalan sekalian main yang kreatif buat anak-anak. Dan harganya pun cukup berdamai dengan kantung.

Oya, terakhir kesana, banyak loh sekarang pegawainya yang orang Indonesia. Jadi kalau mau tanya-tanya, lumayan deh bisa bahasa Indonesia. Soalnya pegawai Arabnya, bahasa Inggrisnya either terbatas atau tidak bisa sama sekali.

Nah, udah ada salah satu gambaran kan, buat mengisi liburan saat summer ga mudik. Jangan manyun lagi yaaak.

Advertisements
Posted in: Uncategorized