Zahrat Al-Sahraa International School

Posted on April 19, 2012 by

4


Kontributor : Linda Octaviana

Ditulis oleh : Jihan Davincka

***

Zahrat merupakan salah satu International School di Jeddah yang menggunakan kurikulum Amerika. Didirikan sejak tahun 1988, sampai saat ini Zahrat membuka kelas mulai dari KG 0  (Day care) sampai dengan Grade 12 (Setara SMA).

Lokasinya berada di distrik Alhamra. Untuk KG terletak di Mansourah Street. Sementara gedung utamanya terletak di Hassam Basalma Street.

Guru-gurunya berasal dari negara-negara sekitar Teluk Arab, misalnya Lebanon. Sementara untuk asisten guru biasanya dari Filipina. Tahun ajaran dimulai September dan berakhir di bulan Juni, dengan 3 kali waktu libur, yaitu : hajj vacation, mid year vacation, serta spring vacation .

Selain liburan reguler yang tercantum dalam kalender akademik, ada juga istilah libur darurat. Biasanya dikarenakan cuaca yang kurang mendukung, misalnya ada hujan  atau badai debu. Ya, warga Jeddah memang panik kala hujan  atau badai debu melanda. Tapi kami yakin warga Jeddah tidak khawatir dengan hujan uang, hahahaha.

Jarak Tempuh dari rumah kami (Syarafiyah) sampai dengan Al-hamra kurang lebih 15-30 menit. Tergantung pada lalu lintas, karena sekolah satu arah dengan kantor suami, setiap pagi Nayyara berangkat diantar ayahnya. Nayyara ini anak sulung saya yang perempuan.

Sementara pulang sekolah kami membayar jemputan pribadi. Dari sekolah sendiri tersedia jemputan dengan range 1750 -3500 SR pertahun one way/two way.
Untuk tahun ajaran 2012-2013, biaya sekolah dimulai dari 8000 SR sampai dengan 21.500 SR (Day care – Grade 12 ). Ini bayaran per tahun. Untuk KG ada tambahan pembelian package antara 1000 SR-1700 SR. Sementara untuk grade pembelian buku antara 1760 SR sampai dengan 2650 SR.

Sesuai dengan peraturan Kementrian Pendidikan Saudi, murid lelaki kelas 1-3 masih bergabung dalam satu kelas dengan murid perempuan. Saat mereka duduk di kelas 4 keatas menempati kelas terpisah di gedung terpisah.

Untuk pendaftaran siswa baru di mulai 21 April- 21 may 2012, dengan biaya pendaftaran 100SR untuk KG dan 150 SR untuk Grade 1-12. Jenis tes disesuaikan dengan kelas yang akan dimasuki oleh calon murid.Misalnya untuk KG diadakan interview untuk melihat kesiapan anak dalam bersekolah.

Setahun lalu, Nayyara (masuk ke KG II) hanya ditanya nama dan Interviewer menjelaskan mengenai kurikulum dan aktifitas yang akan dilakukan di sekolah. Usia anak untuk masuk ke KGII minimal 3 tahun 9 bulan.

Setelah lulus tes dan orang tua merasa nyaman untuk menyekolahkan anaknya, segera dikenakan admission fee sebesar 500 SR untuk open file dan booking fee 1000 SR yang akan dikurangi dari biaya sekolah totalnya nanti. Pembayaran uang sekolah dilakukan saat anak masuk sekolah.

Pembayaran dapat dilakukan sebanyak 3 kali, jika dibayar secara keseluruhan mendapatkan potongan 5%. Sementara untuk anak kedua dan seterusnya mendapatkan potongan sebesar 5% dan 10% dari uang sekolah.

Setahun mencari sekolah sekitar Jeddah dari internet dan mendatangi beberapa sekolah pilihan sampai akhirnya memilih Zahrat. Alasannya sederhana saja, karena merasa nyaman .

Jam sekolah yang panjang awalnya membuat khawatir si kecil akan kelelahan. Ternyata sampai di rumah pun baterainya belum habis. Waktu sekolah untuk TK (KGII / KGIII) antara 7.45-1.05 pm. Untuk grade 1-3 adalah 7.30 am-1.45 pm. Dan untuk grade 4-12, 7.30 am – 2.00 pm.

Selain kegiatan akademik, untuk kelas 1-12 ada kegiatan tambahan berupa ekstrakurikuler yang diadakan setiap minggu. Misalnya : basket, berenang, dll. KG sendiri menyelenggarakan aktifitas bulanan yang thematic. Misalnya : crazy hair day, gardener day, trip to theater, splashing day.

Atas : Ulang Tahun Nayyara di sekolah. Bawah : Mother’s Day.

Yang terakhir KG menyelenggarakan mother’s day. Anak anak tampil menyanyi di atas panggung dengan memakai kostum kado disaksikan oleh ibu dan diakhir acara ibu mendapatkan kejutan yang telah disiapkan oleh anak dan ayahnya.

Pertunjukan yang berkesan buat saya, selain mendapatkan hadiah yang sangat “manis” terlihat juga perkembangan anak selama bersekolah disana.

Untuk info lengkap silahkan cek http://www.zsi.sch.sa/

Advertisements