Umm Ali …

Posted on August 9, 2011 by

0


Contributor: Mira Sonia R

 Umm ali bukan om ali …

Bagi yang pertama kali mendengar namanya pasti dikira nama orang, sama seperti dugaan saya waktu mendengar nama itu..bener-bener gak nyangka kalo umm ali tuh nama sejenis makanan penutup alias dessert.

Teksturnya lembut dan rasanya yang manis sangat pas di lidah saya yang memang suka masakan manis-manis. Bukan namanya saja yang unik, rasanya juga unik loohh, saya juga kurang tau bahan-bahannya dari apa aja, tapi yang terasa di lidah saya adalah gandum, kismis dan dicampur gurihnya kacang-kacangan, entah almond atau hazelnut.

Biasaa namanya juga ibu-ibu suka penasaran pengen bikin, waktunya googliiiiiiing…!!, akhirnya nemu resep yang kayanya jadinya ntar bakal kaya umm ali yang sering saya beli di sebuah supermarket. Biar lebih mantep, nengokin youtube juga ahh, eeeiitss si chef bilang very quick n easy to make.. wahhh makin semangat mau bikinnya. Gak masalah gak ada oven, toh saya pikir pasti bisa dikukus.

Maka hari itu juga segera saya bereksperimen di dapur..dan hasilnyaaa..taraaaa..soal rasa sih mirip-mirip lah, tapiiii..bentuknya n teksturnya kok ga sama ya?? jadinya waktu suami saya bilang ini masakan apaan,saya bilang aja puding roti hihihi abis lebih mirip puding roti siihhh,dan dia bilang kok rasanya mirip umm ali? gubraaakks,, ketauan juga boongnya,kalo gagal mah bilang aja gagal ya :)

O iya menurut suami temen saya,umm ali ini ada sejarahnya loohh..menurut beliau,dulu pas jaman perang (perang apa ya,saya lupa!) si umm ali ini (ibunya ali) suka membuat makanan seperti ini untuk para pejuang perang. Karena waktu itu belum ada namanya,jadi orang menyebutnya nama pembuatnya saja, umm ali atau ummi ali..
Tadinya saya pikir umm ali ini emang asli makanan saudi,o..o..ternyata tidak,,? Ternyata si yummie ini dari mesir loohh, eh setelah googling lagi ternyata banyak cerita dibalik nama umm ali ini, ada yang bilang umm ali itu istri raja lah, ada yang bilang orang Inggris bernama o’malley lah.. ahhh jadi yang bener yang mana doong..whatever lahhh.. I don’t care about  the story…yang penting it’s absolutely delicious n everyone who tries surely will love it!!! Hahaha…

Oke,selamat mencoba umm ali, entah dari dapur anda sendiri (dibawah saya sertakan resepnya) atau mencari di supermarket yang menjualnya. O iya menurut saya makanan ini lebih enak dimakan dalam kondisi dingin alias dimasukin kulkas dulu.
Ini lohh gambar umm ali ‘asli’ dan satu lagi umm ali asli buatan saya (apa namanya saya ganti jadi umm farras aja yaaa :p). Pasti bisa bedain dong,mana yang asli,dan mana yang hasil experiment saya.. yang ga eyecatching pasti punya saya hehehe..

Resep umm ali :
Roti gandum rendam di fresh milk sampe hancur (untuk 5 lmbr roti,saya pake 2 gelas susu)
Gula pasir
Vanili
Kismis
Almond
Pistachio cincang
Telur ayam kocok
margarin cair

Cara bikinnya :
Campur roti yang sudah lunak tadi dengan telur, vanili, dan gula pasir. Aduk rata hingga gula larut. Tambahkan margarin cair n kacang-kacangan juga kismis (yang banyak biar lebih enak rasanya). Tuang adonan roti ke dalam cetakan yang telah diolesi margarin.lalu panggang. Karena saya gak punya oven jadinya saya kukus, enak juga loohh :)

Advertisements